Israel Ingin Curi Minyak Suriah di Dataran Gholan

 Israel Ingin Curi Minyak Suriah di Dataran Gholan
Tentara Israel

Anggota Parlemen Knesset Israel asal Arab, Jamal Zahalika, menyatakan Israel berencana mencuri gas dan minyak yang ada di dataran tinggi Gholan Suriah. Caranya dengan memanfaatkan situasi yang terjadi saat ini di Suriah.

Zahalika mengomentari putusan Menteri Energi Israel yang berencana memulai eksplorasi minyak di dataran tinggi Gholan.
“Proses ini dilakukan dengan menggunakan kekuatan bersenjata. Pasukan Israel diterjunkan ke wilayah milik Suriah dengan memanfaatkan para pemukim yahudi di sektor pertanian dan perindustrian,'' kata Zahalika. ''Israel ingin mengeksplorasi minyak dan gas. Memanfaatkan sumber daya mineral di kawasan jajahan sebagai pelanggaran terhadap hukum internasional.''

Zahalika menyerukan supaya pihak internasional menekan pemerintah Israel. Dia mendesak internasional menerapkan sanksi terhadap Israel sesuai hukum internasional.

Menteri Energi Israel mengklaim bahwa Gholan tidak dianggap sebagai wilayah jajahan sesuai hukum Israel. Israel mengklaim secara resmi telah menggabungkan Gholan sejak lebih dari 30 tahun. Israel juga menyetujui UU Minyak dan Gas Israel atas Gholan usai menjajahnya tahun 1967.

Pemerintah Israel di jaman Presiden Yitzak Rabin pada dekade 1990-an memutuskan untuk mengeksplorasi gas dan minyak di Gholan. Baru akhir-akhir ini proses eksplorasi diperbarui kembali. (qm)
 
Sumber: www.infopalestina.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan