Surat Morsi dari Penjara Mesir

Kairo – Presiden Mesir terguling Mohamed Morsi mengatakan, dirinya diculik milter dan mereka yang menggulingkannya memang “mengkhianti seluruh bangsa” Mesir.
Headline
Mohamed Morsi saat diadili beberapa waktu lalu. - (Foto: BBC
Sekelompok pengacara yang dengan sukarela menjadi pembela Morsi, dan bukan para pengacara resmi, membacakan pesan Morsi di konferensi pers Rabu kemarin (13/11/2013), sehari setelah mereka menemuinya di penjara, tulis Al Jazeera, Rabu (13/11/2013).
Morsi sebenarnya bermaksud menuntut pemerintahan bekingan tentara. Mesir tak akan stabil kecuali “kudeta militer dilarang dan mereka yang bertanggung jawab atas pertumpahan darah di Mesir harus diadili,”tulis Morsi.
Dalam suratnya, Morsi mengatakan, ia “diculik” dan ditahan oleh Garda Republik pada 2 Juli – sehari sebelum ia digulingkan secara resmi oleh militer. Ia ditahan di pangkalan angkatan laut selama empat bulan.
Kemudian ia dipindahkann ke penjara dengan penjagaan ketat di Iskandariyah (Alexandria) pada 4 November setelah sidang pengadilan pertamanya. Ia didakwa membunuh demonstrans pada Desember 2012.
Mohamed al-Damati, salah seorang pengacara yang bertemu Morsi, mengatakan: “ Presiden berencana mengambil langkah hukum terhadap kudeta dirinya, dan tergantung tim pembela kapan menentukan waktunya. Pasti dalam waktu dekat.”
Sejauh ini Morsi tidak setuju dengan penunjukan para pembelanya di persidangan. Hakim sudah mennetukan hari persidangan kedua pada 8 Januari. Morsi mengatakan, pengadilan itu tidak sah dan ia tak paham mengapa pemerintah melakukan hal itu. [tjs

Tiada ulasan:

Catat Ulasan