Al Qaeda Muda Mulai Masuki Suriah

Ankara - Ratusan relawan muda Al Qaeda telah berada di rumah persinggahan di Turki Selatan sebelum masuk ke Suriah. Mereka datang untuk melawan pasukan Presiden Bashar al-Assad.
Headline
Abu Abdulrahman adalah pengelola jaringan relawan yang berpusat di Turki Selatan, tempat singgah dan dianggap aman bagi para relawan yang ingin bergabung dengan perjuangan al-Qaeda di Suriah. Jaringan ini dikenal sebagai Islamic State of Iraq and the Levant (ISIL ).The Daily Telegraph dan dikutip oleh al-Arabiya, Jumat (1/11/2014) memberitakan bahwa banyak para relawan bergabung dengan al-Qaeda yang ingin berjuang di Suriah. "Setiap hari ada mujahidin datang ke sini dari semua kebangsaan yang berbeda, " kata Abu Abdulrahman, seorang koordinator relawan asal Yordania yang ditemui di rumah persinggahan kelompok itu.
Menurutnya, komunikasi dengan para relawan dan calon relawan dari berbagai negara termasuk Inggris dilakukan menggunakan account Skype. Kepada mereka, dia menerangkan segala prosedur calon relawan untuk mencapai Turki dan bergabung al- Qaeda .
" Jika seseorang berminat, dia harus seorang muslim yang tepat . Kami melakukan serangkaian riset dan memastikan bahwa dia bukan mata-mata. Jika ternyata peminat adalah orang yang sangat asing bagi kami, dia harus direkomendasi oleh seseorang dalam jaringan ini, " katanya.
Banyak safe house berupa apartemen yang disewa dengan nama palsu di desa-desa Turki berbatasan Suriah. Menurut surat kabar tersebut, perekrutan kadang memakan waktu selama beberapa minggu sampai mereka boleh melintasi perbatasan. Turki terletak tepat di sebelah utara Suriah. [tjs]

Tiada ulasan:

Catat Ulasan