Paus Fransiskus Terancam oleh Mafia Italia

Vatikan – Paus Fransiskus kini menjadi target mafia karena dianggap bisa meruntuhkan kejayaan mereka dalam berbisnis. Hal itu diperingatkan seorang pengacara antimafia, Rabu (13/11/2013).
Headline
Pengacara Nicola Gratteri, sebagaimana diberitakan The Guardian, menyebutkan banyak kalangan di lingkungan Vatikan yang berbisnis dengan para mafia. Sehingga upaya Paus Fransiskus itu dianggap menantang keberadaan mafia.Alasannya, Paus Fransiskus dianggap terlalu giat memerangi korupsi di Vatikan. Gebrakan Paus ini dinilai para mafia bukan hanya menggerogoti Vatikan, tetapi bakal merembet pada bisnis para mafia yang berkuasa.
Gratteri adalah seorang pengacara yang rajin memerangi mafia ‘Ndrangheta dari wilayah Calabrita di Italia Selatan. “Paus Fransiskus sedang membongkar pusat kekuasaan ekonomi di Vatikan. Kalau para bos itu berniat menjebloskan Paus, mereka bisa melakukannya. Saya tidak tahu apakah kini mereka sudah bergerak, yang pasti mereka punya niat. Mereka bisa membahayakan jika Paus,” ujar Gratteri.
Paus Fransiskus memang saat ini tengah berupaya mereformasi bank Vatikan yang sudah dibekukan selama beberapa tahun karena terlibat dalam pencucian uang milik para miafia. Minggu ini, polisi menyita sebuah hotel mewah di bukit Janiculum di Roma yang dibeli mafia ‘Ndrangheta dari seorang pemimpin ordo keagamaan. Hotel mewah itu dulunya merupakan sebuah biara. [tjs

Tiada ulasan:

Catat Ulasan