YANG MASIH PANAS...

Geliat Muslim Bermula dari Al Rasyid, Masjid Tertua Kanada



Para pengunjung Taman Edmonton, Kanada, kerap berhenti sejenak di depan sebuah bangunan merah kecil dan bertanya-tanya apa gerangan bangunan tersebut. Bentuk bangunan itu panjang dan agak sempit, mempunyai kubah yang malah menunjukkan sebuah identitas Gereja Ortodoks Timur.
Sementara menara yang menjulang naik dari kedua sisi pintu masuk dan bulan sabit di atas kubah mengaburkan kesan dari Timur Tengah. Di dalamnya, tidak ada bangku, hanya karpet yang konon sudah berusia 70 tahun, memudar dan menipis di beberapa titik. Ini adalah Al-Rasyid, masjid tertua Kanada.
Dibangun pada tahun 1938, Masjid Al-Rasyid dipindahkan ke Fort Edmonton Park, untuk melestarikan dan merayakan sejarah dan warisan kota Edmonton. Hal ini dilakukan setelah terjadi kontroversi atas desain arsitekturnya yang unik dalam sejarah agama di Kanada.
Masjid dengan eksterior seperti gereja juga ditemukan di kota-kota Kanada lainnya. Banyak dari masjid itu dulunya berupa gereja atau aula paroki yang kemudian dibeli oleh umat Islam, dan direnovasi. Masjid Jami Toronto, misalnya, dulu adalah gereja Presbyterian.
Namun, berbeda dengan masjid-masjid lainya di Kanada, ada yang lain dengan Masjid Al-Rasyid, itu tak lain karena struktur awalnya dibangun sebagai masjid yang menyerupai sebuah gereja. Desain Masjid Al-Rasyid merupakan ekspresi publik dari identitas dan visi orang-orang yang membangunnya. Sebagian besar masjid di Kanada mempunyai khas Timur Tengah dan arsitektur Asia Selatan, mencerminkan daerah asal mayoritas Muslim Kanada.
Al-Rasyid ini mengandung unsur-unsur budaya lokal dan merupakan pencerminan dari identitas Muslim Kanada. Uniknya, enam dari 32 pendiri Al-Rasyid adalah perempuan, sesuatu yang jarang terjadi di negara-negara Barat.
Di dalam masjid, karena keterbatasan jamaah pria dan wanita berbagi ruang yang sama, namun dipisahkan dengan sebuah hijab. Setiap orang melakukan salat di aula utama, dan perempuan berdiri di belakang laki-laki, hanya dipisahkan oleh jarak antara mereka.


Selama berdirinya, Al-Rasyid dipandu oleh dua imam yang dinamis dan terbuka menerima perubahan. Imam Nejib Ailley (Aly) dibesarkan di Kanada. Sementara imam kedua, Dr Abd al-Ati, didatangkan dari Mesir, setelah sebelumnya menghabiskan tiga tahun di Montreal sebagai mahasiswa pascasarjana di Universitas McGill.
Mungkin, di sebagian negara masjid seperti Al-Rasyid tidaklah istimewa. Namun, bagi Kanada, model masjid seperti ini betul-betul efektif dalam menarik orang-orang untuk mempelajari Islam lebih lanjut.
Menurut sensus tahun 2001, ada 579.740 Muslim di Kanada, yang berarti hanya 2% dari total populasi. Pada tahun 2006, populasi Muslim diperkirakan mencapai 0,8 juta atau sekitar 2,6%. Sekitar 65% adalah Suni, sementara 15%-nya adalah Syiah, yang secara gegabah diklaim sebagai bagian dari Islam.
Kebanyakan Muslim Kanada adalah orang-orang yang memang sudah dilahirkan sebagai seorang Muslim. Ada juga sejumlah orang yang masuk Islam dari agama lain. Sedangkan imigran Muslim Kanada, seperti imigran pada umumnya, datang ke Kanada karena berbagai alasan.
Ada yang karena menuntut ilmu di pendidikan tinggi, karena alasan keamanan, pekerjaan, dan kembali kepada keluarga. Sebagian ada juga karena kebebasan beragama dan politik, dan keselamatan dan keamanan. Pada 1980-an, Kanada menjadi tempat penting perlindungan bagi mereka yang melarikan diri dari Perang Sipil di Lebanon. Tahun 1990-an Muslim Somalia tiba di Kanada setelah Perang Sipil Somalia serta Muslim Bosnia yang mengungsi karena pecahnya Yugoslavia.
Namun Kanada belum menerima sejumlah besar warga Irak yang melarikan diri dari Perang Irak. Tapi secara umum, hampir semua negara Muslim di dunia telah mengirim imigran ke Kanada, mulai dari Albania sampai Bangladesh. (islampos/onislam/wikipedia)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

SAMPAIKAN WALAU SATU AYAT

Sila gunakan browser firefox untuk melayari blog ini dengan sempurna. terima kasih


Assalamualaikum.. bismillahirahmanirahim.

" Segala bahan didalam blog ini di ambil, di olah dan ditulis dari pelbagai sumber. Kepada yang ingin mengambil apa2 jua bahan dalam blog ini dengan niat untuk mengembangsebarkan ilmu, tidak perlu meminta izin atau menyertakan link blog ini. Sebarkan dan panjangkanlah kepada semua demi kebaikkan ummah. Semoga info yang ada dapat memberi manfaat walaupun sedikit cuma, dan semoga dengan usaha sekecil ini pastinya tidak akan terlepas dari pandangan Allah.. insyaAllah.. Jika ada kesilapan dari setiap posting, tolong berikan nasihat dan komen. Maaf andai terlancar bahasa tersasar kata-kata. Saya hanya insan biasa yang tidak sunyi dari kesilapan. wallahualam."

PERHATIAN!!! BLOG INI TIDAK MEWAKILI MANA-MANA PARTI , NGO DAN SEBAGAINYA. SEGALA TULISAN DI ISI MENGIKUT CITARASA HAMBA SENDIRI DAN HAMBA TIDAK BERTANGGUNGJAWAB ATAS KESELAMATAN DAN KERUGIAN PEMBACA DISEBABKAN BLOG INI..... SEKIAN

PERHATIAN !!!!!!

Sebarang artikle yang termaktub di dalam blog ini tidak semestinya menunjukkan sikap pengendali blog ini. Ambillah yang berfaedah dan tinggalkanlah yang sia - sia........

MENGAPA AKU BERKATA SYIAH RAFIDAH KAFIR ?

Sesungguhnya Allah telah memilih sahabat-sahabat untuk ku, Dia menjadikan mereka sebagai sahabat-sahabatku, mertua-mertuaku dan menantu-menantuku. Nanti akan muncul satu golongan selepas aku akan memburuk-buruk dan memaki hamun mereka.Sekiranya kamu menemui mereka, janganlah kamu mengahwini mereka, janganlah kamu makan dan minum bersama mereka, janganlah kamu berjemaah bersama mereka dan jangan kamu menyembahyangkan jenazah mereka. [Ali al-Muttaqi, Kanz al-‘Ummal, jil 11, m.s : 540 ]

Sabda Rasulullah S.A.W:

Sabda Rasulullah S.A.W:“Tahukah kamu siapakah orang yang muflis?” Jawab mereka: “Orang yang muflis dalam kalangan kami ialah sesiapa yang tiada dirham dan tiada harta”. Sabda baginda: “Orang yang muflis dalam umatku ialah sesiapa yang datang pada Hari Kiamat nanti bersama solat, puasa, zakat, juga dia pernah memaki seseorang, menuduh seseorang, memakan harta seseorang, menumpah darah seseorang dan memukul seseorang. Lalu diberikan kepada orang ini dan itu pahalanya. Jika pahala-pahalanya habis sebelum sempat dilangsaikan kesalahannya, maka diambil dosa-dosa mereka dicampakkan ke atasnya lantas dicampakkan dia ke dalam neraka” (Riwayat Muslim).



Al - Hadis

DARIPADA Abu Said katanya:
Aku mendengar Rasulullah (s.a.w.) bersabda: siapa yang melihat (dan tahu) sebarang kemungkaran, maka hendaklah diubahkannya dengan tangannya (kuasanya), kalau tidak berkuasa, maka (ubahlah) dengan lidahnya, dan kalau tidak mampu juga, maka ubahlah dengan hatinya, dan itulah selemah-lemah iman (HR Muslim).

KUTIPAN DANA BAGI PEMBANGUNAN SRIBU

KUTIPAN DANA BAGI PEMBANGUNAN SRIBU
Hadis nabi saw : apabila matinya anak adam maka terputuslah segala amalannya kecuali tiga... yaitu sadhoqah jariah , ilmu yang memberi manfaat dengannya , doa anak yang soleh.

WAKTU SOLAT

Membangun Bersama Islam

Blog Archive


"tegakkanlah islam dalam dirimu,nescaya kamu akan melihat islam tertegak di tanah airmu" - Imam As-Syahid Hassan Al-Banna (Pengasas&Mursyidul Am Pertama Ikhwanul Muslimin)

berwaspada dari fitnah moden

berwaspada dari fitnah moden

Tok guru Nik Aziz

Tok guru Nik Aziz

Tok guru Haji saleh

Tok guru Haji saleh

Recent Comments

Footer 2

linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Ikut Melalui Email

Translate