Siapa Bilang Pasukan AS Menang di Marjah? Taliban Masih Berkuasa



Beberapa bulan yang lalu, sekitar 10.000 pasukan AS, NATO dan militer Afghanistan menggelar Operasi Mustarak di Provinsi Helmand untuk memberangus militan Taliban. Kota Marjah di provinsi itu menjadi ajang pertempuran sengit antara pasukan NATO melawan Taliban. Setelah hampir sebulan bertempur, pasukan NATO mengklaim Operasi Mustarak sukses dan mereka berhasil memukul mundur pasukan Taliban. Sekarang pasukan NATO mengalihkan target operasinya untuk memburu Taliban ke kota Kandahar, di selatan Afghanistan. Tapi benarkah Taliban sudah makin melemah karena terus didesak pasukan koalisi AS dan militer Afghanistan?

Faktanya, di kota Marjah, ibukota Provinsi Helmand, Taliban dengan bebas lalu lalang dan masih bisa menanam bom-bom jebakan. Bahkan di wilayah Lashkar Gah yang jaraknya sekitar 30 kilometer dari Marjah, menurut para penduduk, yang lebih berkuasa adalah Taliban dan bukan pemerintahan lokal.

Warga setempat mengatakan, kehadiran Taliban di provinsi Helmand masih kuat, meski mereka kehilangan Marjah yang selama bertahun-tahun dikuasai dan menjadi basis kekuatan Taliban.

"Lihatlah ke menara TV itu. Disana masih ada sisa-sisa pasukan Taliban. Mereka masih ada di berbagai penjuru kota. Mereka menyimpan senjatanya di rumah dan masuk ke dalam kota," kata Abdul Latif, warga Lashkar Gah yang berprofesi sebagai guru. Saat bicara, ia menutup mukanya dengan kain karena tidak mau terlihat seperti teman terhadap orang-orang asing yang datang ke kota itu.

Gubernur Helmand, Gulab Mangal mengakui bahwa Taliban masih menguasai tiga dari 13 distrik di provinsinya. Di distrik Baghran, kepala distrik yang ditunjuk Mangal, Abdul Razik tidak berani masuk ke wilayah distriknya karena akan berhadapan dengan Taliban. Ia akhirnya berkantor di luas Lashkar Gah dan hanya mampu menelpon para pemuka masyarakat di Baghran agar mencoba melakukan pendekatan pada Taliban.

"Bagaimana saya bisa pergi ke distrik saya yang berada di bawah kontrol Taliban. Kami tidak punya tentara atau polisi yang jumlahnya cukup untuk melindungi saya. Saya tidak bisa pergi sendirian ke sana," kata Razik.

Di Distrik Musa Qala, pemerintahan lokal memang memegang kendali kota utama di distrik itu, tapi kelompok Taliban setiap minggu menggelar pengadilan di distrik untuk mengatur masalah properti dan persoalan-persoalan warga lainnya.

Kondisi ini menunjukkan betapa rapuhnya kekuasaan NATO di provinsi Helmand, bukan hanya di Marjah tapi di distrik-distrik lainnya. Michael Scheuer, mantan agen CIA yang pernah ditugaskan untuk memburu Usamah bin Ladin-pimpinan Al-Qaida-mengingatkan agar NATO tidak berlebihan mengklaim kemenangan di Marjah, karena kemenangan itu bisa jadi cuma sementara.

Dalam sebuah wawancara, Gubernur Helmand, Gulab Mangal menyebut Marjah sebagai proyek uji coba dalam menciptakan pemerintahan yang baik. Jika proyek ini berhasil, harapannya masyarakat akan menentang kehadiran Taliban bahkan bisa merekrut para militan Taliban.

Tapi rakyat Afghanistan skeptis. Apalagi dengan ditunjuknya pemimpin distrik Marjah yang baru, Abdul Zahir. Zahir memiliki catatan hitam di negara Jerman. Ia pernah diadili dan dipenjara di Jerman dengan tuduhan percobaan pembunuhan.

Mantan gubernur Helmand, Sher Mohammed Akhundzada yang mendukung operasi militer pasuka NATO di Marjah juga mengingatkan bahaya korupsi yang makin meluas di Marjah, yang akan membuat kemenangan atas kota itu menjadi kekalahan.

"Taliban masih di sini. Mereka cuma menyingkir ke distrik lainnya, antara lain ke Grishk dan Sangin," ujar Akhundzada.

"Pemerintahan di Helmand umumnya korup dan tak ada yang berubah di Marjah. Tidak ada sinyal reformasi dengan penunjukan pimpinan baru di kota itu, " sambung Akhundzada yang pernah berkuasa di Marjah selama dua dekade. (ln/yn)

SUMBER :WWW.ERAMUSLIM.COM

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

SAMPAIKAN WALAU SATU AYAT

Sila gunakan browser firefox untuk melayari blog ini dengan sempurna. terima kasih


Assalamualaikum.. bismillahirahmanirahim.

" Segala bahan didalam blog ini di ambil, di olah dan ditulis dari pelbagai sumber. Kepada yang ingin mengambil apa2 jua bahan dalam blog ini dengan niat untuk mengembangsebarkan ilmu, tidak perlu meminta izin atau menyertakan link blog ini. Sebarkan dan panjangkanlah kepada semua demi kebaikkan ummah. Semoga info yang ada dapat memberi manfaat walaupun sedikit cuma, dan semoga dengan usaha sekecil ini pastinya tidak akan terlepas dari pandangan Allah.. insyaAllah.. Jika ada kesilapan dari setiap posting, tolong berikan nasihat dan komen. Maaf andai terlancar bahasa tersasar kata-kata. Saya hanya insan biasa yang tidak sunyi dari kesilapan. wallahualam."

PERHATIAN!!! BLOG INI TIDAK MEWAKILI MANA-MANA PARTI , NGO DAN SEBAGAINYA. SEGALA TULISAN DI ISI MENGIKUT CITARASA HAMBA SENDIRI DAN HAMBA TIDAK BERTANGGUNGJAWAB ATAS KESELAMATAN DAN KERUGIAN PEMBACA DISEBABKAN BLOG INI..... SEKIAN

PERHATIAN !!!!!!

Sebarang artikle yang termaktub di dalam blog ini tidak semestinya menunjukkan sikap pengendali blog ini. Ambillah yang berfaedah dan tinggalkanlah yang sia - sia........

MENGAPA AKU BERKATA SYIAH RAFIDAH KAFIR ?

Sesungguhnya Allah telah memilih sahabat-sahabat untuk ku, Dia menjadikan mereka sebagai sahabat-sahabatku, mertua-mertuaku dan menantu-menantuku. Nanti akan muncul satu golongan selepas aku akan memburuk-buruk dan memaki hamun mereka.Sekiranya kamu menemui mereka, janganlah kamu mengahwini mereka, janganlah kamu makan dan minum bersama mereka, janganlah kamu berjemaah bersama mereka dan jangan kamu menyembahyangkan jenazah mereka. [Ali al-Muttaqi, Kanz al-‘Ummal, jil 11, m.s : 540 ]

Sabda Rasulullah S.A.W:

Sabda Rasulullah S.A.W:“Tahukah kamu siapakah orang yang muflis?” Jawab mereka: “Orang yang muflis dalam kalangan kami ialah sesiapa yang tiada dirham dan tiada harta”. Sabda baginda: “Orang yang muflis dalam umatku ialah sesiapa yang datang pada Hari Kiamat nanti bersama solat, puasa, zakat, juga dia pernah memaki seseorang, menuduh seseorang, memakan harta seseorang, menumpah darah seseorang dan memukul seseorang. Lalu diberikan kepada orang ini dan itu pahalanya. Jika pahala-pahalanya habis sebelum sempat dilangsaikan kesalahannya, maka diambil dosa-dosa mereka dicampakkan ke atasnya lantas dicampakkan dia ke dalam neraka” (Riwayat Muslim).



Al - Hadis

DARIPADA Abu Said katanya:
Aku mendengar Rasulullah (s.a.w.) bersabda: siapa yang melihat (dan tahu) sebarang kemungkaran, maka hendaklah diubahkannya dengan tangannya (kuasanya), kalau tidak berkuasa, maka (ubahlah) dengan lidahnya, dan kalau tidak mampu juga, maka ubahlah dengan hatinya, dan itulah selemah-lemah iman (HR Muslim).

KUTIPAN DANA BAGI PEMBANGUNAN SRIBU

KUTIPAN DANA BAGI PEMBANGUNAN SRIBU
Hadis nabi saw : apabila matinya anak adam maka terputuslah segala amalannya kecuali tiga... yaitu sadhoqah jariah , ilmu yang memberi manfaat dengannya , doa anak yang soleh.

WAKTU SOLAT

JOM INFAQ

JOM INFAQ

Membangun Bersama Islam

KLIK "LIKE" TANDA ANDA MENYOKONG KAMI

About Me

Foto Saya
SELAMA, PERAK DARUL RIZDUAN, Malaysia
Hamba Allah yang inginkan keredhoanNYA

Blog Archive


"tegakkanlah islam dalam dirimu,nescaya kamu akan melihat islam tertegak di tanah airmu" - Imam As-Syahid Hassan Al-Banna (Pengasas&Mursyidul Am Pertama Ikhwanul Muslimin)

berwaspada dari fitnah moden

berwaspada dari fitnah moden

Tok guru Nik Aziz

Tok guru Nik Aziz

Tok guru Haji saleh

Tok guru Haji saleh

Recent Comments

Footer 2

linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Ikut Melalui Email

Translate