YANG MASIH PANAS...

Ulama Tunisia Kecam Menteri Agama yang Sebut Jilbab sebagai Produk Budaya Asing



Para ulama di Tunisia melontarkan reaksi keras atas pernyataan menteri agama negara itu tentang jilbab. Menteri Agama Tunisia, Abubakar Akhzuri pekan lalu mengatakan bahwa jilbab tidak sesuai dengan budaya Tunisia, negara yang terletak di Afrika Utara itu.

Mantan Mufti Tunisia, Syaikh Muhammad Mukhtar Al-Salami menilai pernyataan menteri agama itu bermotif politis dan tidak ada kaitannya dengan ajaran Islam. "Akhzur adalah seorang politikus, seperti layaknya politikus di mana saja, ia membuat pernyataan dengan latar belakang agenda politiknya," ujar Syaikh Muhammad Mukhtar.

Kritikan keras atas pernyataan menteri agama itu juga dilontarkan Imam Syaikh Abdul Rahman Khalif. "Pernyataan menteri agama yang mengkritik jilbab adalah pemikiran yang sesat," tegasnya seraya menghimbau warga Muslim di seluruh dunia untuk tetap teguh pada ajaran Islam.

Dalam wawancara dengan harian Assabah, Akhzuri mengatakan bahwa jilbab adalah 'fenomena orang asing' di tengah masyarakat Tunisia. "Sangat disesalkan bahwa kita tidak menghormati identitas budaya kita sendiri," kata Akhzuri.

Ia selanjutnya mengatakan bahwa pemerintah Tunisia sudah melarang warga Muslim mengenakan jubah seperti yang dikenakan di negara-negara Teluk serta melarang kaum lelakinya memanjangkan jenggotnya.

Saat situs Islamonline meminta penjelasan atas pernyataannya itu, menteri agama Tunusia menolak memberikan komentar. Padahal, Dewan Tertinggi Islam yang merupakan lembaga resmi di Tunisia melalui ketuanya Jalal Al-Gerebi juga melontarkan pernyataan atas pernyataan menteri agama yang mengundang kontroversi itu.

Selain mengecam mengecam penyataan menteri agama, Syaikh Muhammad Mukhtar dan dan Syaikh Abdul Rahman Khalif mengkritik pernyataan Munjiah Al-Sawahi, seorang profesor di sebuah universitas.

Sama halnya dengan menteri agama, Al-Sawahi mengatakan bahwa jilbab adalah 'peninggalan budaya Yunani dan Roma' dan tidak ada kaitannya dengan ajaran Islam. Ia juga membantah kalau Syariah Islam menetapkan kode etik berpakaian yang wajib dilakukan para Muslimah.

Bukan itu saja, yang membuat para ulama di Tunisia tambah berang, Al-Sawahi menyatakan bahwa sahabat Nabi Muhammad Saw, Umar bin Khattab adalah musuh utama kaun perempuan.

"Pernyataan-pernyataan itu semua tidak masuk akal dan tidak perlu dikomentari," kata Syaikh Muhammad Mukhtar. Ia menegaskan bahwa Umar bin Khattab justru orang yang sangat dihormati oleh Muslim maupun non Muslim.

"Musuh nyata dari kaum wanita adalah mereka yang melarang kaum perempuan Islam mengikuti ajaran Syariah Islam," tegasnya.

Syaikh Khalif setuju dengan pendapat itu. Ia menghimbau para Muslimah di Tunisia untuk tetap mengenakan jilbabnya meski ada tekanan dari pemerintah agar mereka melepas jilbabnya.

Pernyataan-pernyataan anti jilbab di Tunisia ternyata mengundang keprihatinan pemuka Islam di luar negeri. Syaikh Wanis Mabruk, profesor studi Islam di Wales menilai pernyataan-pernyataan semacam itu tidak pantas dilontarkan dan merupakan sebuah hinaan terhadap Islam. Menurutnya, pernyataan anti jilbab akan makin mempertajam jurang pemisah antara rakyat Tunisia dan pemerintahnya serta akan membahayakan keharmonisan warga masyarakat Tunisia.

Larangan jilbab di Tunisia, bukanlah hal yang baru. Tahun 1981, pada masa pemerintahan Presiden Habib Burguiba (1956-1987), Muslimah dilarang mengenakan jilbab di kantor-kantor pemerintah. (ln/iol)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

SAMPAIKAN WALAU SATU AYAT

Sila gunakan browser firefox untuk melayari blog ini dengan sempurna. terima kasih


Assalamualaikum.. bismillahirahmanirahim.

" Segala bahan didalam blog ini di ambil, di olah dan ditulis dari pelbagai sumber. Kepada yang ingin mengambil apa2 jua bahan dalam blog ini dengan niat untuk mengembangsebarkan ilmu, tidak perlu meminta izin atau menyertakan link blog ini. Sebarkan dan panjangkanlah kepada semua demi kebaikkan ummah. Semoga info yang ada dapat memberi manfaat walaupun sedikit cuma, dan semoga dengan usaha sekecil ini pastinya tidak akan terlepas dari pandangan Allah.. insyaAllah.. Jika ada kesilapan dari setiap posting, tolong berikan nasihat dan komen. Maaf andai terlancar bahasa tersasar kata-kata. Saya hanya insan biasa yang tidak sunyi dari kesilapan. wallahualam."

PERHATIAN!!! BLOG INI TIDAK MEWAKILI MANA-MANA PARTI , NGO DAN SEBAGAINYA. SEGALA TULISAN DI ISI MENGIKUT CITARASA HAMBA SENDIRI DAN HAMBA TIDAK BERTANGGUNGJAWAB ATAS KESELAMATAN DAN KERUGIAN PEMBACA DISEBABKAN BLOG INI..... SEKIAN

PERHATIAN !!!!!!

Sebarang artikle yang termaktub di dalam blog ini tidak semestinya menunjukkan sikap pengendali blog ini. Ambillah yang berfaedah dan tinggalkanlah yang sia - sia........

MENGAPA AKU BERKATA SYIAH RAFIDAH KAFIR ?

Sesungguhnya Allah telah memilih sahabat-sahabat untuk ku, Dia menjadikan mereka sebagai sahabat-sahabatku, mertua-mertuaku dan menantu-menantuku. Nanti akan muncul satu golongan selepas aku akan memburuk-buruk dan memaki hamun mereka.Sekiranya kamu menemui mereka, janganlah kamu mengahwini mereka, janganlah kamu makan dan minum bersama mereka, janganlah kamu berjemaah bersama mereka dan jangan kamu menyembahyangkan jenazah mereka. [Ali al-Muttaqi, Kanz al-‘Ummal, jil 11, m.s : 540 ]

Sabda Rasulullah S.A.W:

Sabda Rasulullah S.A.W:“Tahukah kamu siapakah orang yang muflis?” Jawab mereka: “Orang yang muflis dalam kalangan kami ialah sesiapa yang tiada dirham dan tiada harta”. Sabda baginda: “Orang yang muflis dalam umatku ialah sesiapa yang datang pada Hari Kiamat nanti bersama solat, puasa, zakat, juga dia pernah memaki seseorang, menuduh seseorang, memakan harta seseorang, menumpah darah seseorang dan memukul seseorang. Lalu diberikan kepada orang ini dan itu pahalanya. Jika pahala-pahalanya habis sebelum sempat dilangsaikan kesalahannya, maka diambil dosa-dosa mereka dicampakkan ke atasnya lantas dicampakkan dia ke dalam neraka” (Riwayat Muslim).



Al - Hadis

DARIPADA Abu Said katanya:
Aku mendengar Rasulullah (s.a.w.) bersabda: siapa yang melihat (dan tahu) sebarang kemungkaran, maka hendaklah diubahkannya dengan tangannya (kuasanya), kalau tidak berkuasa, maka (ubahlah) dengan lidahnya, dan kalau tidak mampu juga, maka ubahlah dengan hatinya, dan itulah selemah-lemah iman (HR Muslim).

KUTIPAN DANA BAGI PEMBANGUNAN SRIBU

KUTIPAN DANA BAGI PEMBANGUNAN SRIBU
Hadis nabi saw : apabila matinya anak adam maka terputuslah segala amalannya kecuali tiga... yaitu sadhoqah jariah , ilmu yang memberi manfaat dengannya , doa anak yang soleh.

WAKTU SOLAT

Membangun Bersama Islam

Blog Archive


"tegakkanlah islam dalam dirimu,nescaya kamu akan melihat islam tertegak di tanah airmu" - Imam As-Syahid Hassan Al-Banna (Pengasas&Mursyidul Am Pertama Ikhwanul Muslimin)

berwaspada dari fitnah moden

berwaspada dari fitnah moden

Tok guru Nik Aziz

Tok guru Nik Aziz

Tok guru Haji saleh

Tok guru Haji saleh

Recent Comments

Footer 2

linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Ikut Melalui Email

Translate